Dasar Desain Grafis Yang Harus Kamu Tahu

Sederhananya, ada 2 hal utama yang harus kalian ketahui sebelum kalian membuat sebuah desain. Yang pertama adalah elemen desain dan yang kedua adalah konsep dasar desain.

Elemen desain sendiri merupakan apa saja yang menyusun atau menjadi basis sebuah desain. Elemen ini sangat beragam jenisnya.

Kalian juga bisa menambahkan atau mengurangi sesuai dengan kebutuhan dan pemahaman kalian. Namun, secara garis besar ada beberapa elemen desain yang harus kalian pegang, yaitu:

1.Line atau Garis

Line atau Garis

Garis merupakan elemen dasar yang menyusun sebuah desain. Garis yang terdiri dari kumpulan titik-titik inilah yang menjadi penanda di mana kita membedakan antara satu objek dengan objek lain.

Selain itu juga memungkinkan audiens mencerna suatu pesan yang dikomunikasikan secara visual. Garis bisa berupa garis lurus atau straight line atau garis lengkung atau curved line.

Dengan mendayagunakan garis, kalian bisa menemukan berbagai posibilitas dalam desain yang kalian buat.

Dan istimewanya, di dalam desain vector, garis memainkan faktor yang sangat penting karena objek vector lain adalah objek yang tersusun dari garis-garis.

2.Form and Space atau Bentuk dan Ruang

Form and Space atau Bentuk dan Ruang

Form atau bentuk merupakan kumpulan garis-garis yang saling bersamungan yang membentuk sebuah objek tertentu.

Objek atau biasa disebut shape bisa berupa objek geometris seperti kotak, lingkaran, elips, dan polygon atau objek bebas non geometris.

Saat kalian membuat objek, saat itu juga kalian membuat ruang atau space. Ruang dalam desain ada yang positive dan negative.

ruang positif adalah ruang yang ada di dalam obyek yang kalian buat itu sendiri. Misalnya kalian membuat obyek kotak, maka obyek kotak itulah yang kita sebut sebagai ruang positif.

Sedangkan ruang negatif (negative space) adalah ruang di luar obyek yang kalian buat, yang meliputi area kanvas tempat kalian mendesain.

Kalian harus memperhatikan penggunaan positive space dan negative space ini, karena terkadang kekuatan sebuah desain sangat ditunjang oleh keseimbangan antara kedua jenis ruang ini.

3.Color atau Warna

Color atau Warna

Warna merupakan sebuah elemen desain yang sangat penting karena secara psikologis manusia mengenali warna lebih dulu dibandingkan bentuk atau teks.

Bahkan jika warna yang dimaksud adalah hitam, putih, atau monokrom. Dalam desain grafis, ada banyak konsep mengenai warna dan bagaimana penggunaannya.

Penulis hanya akan menyinggung 2 hal pokok mengenai warna yang harus kalian pegang. Yang pertama adalah psikologi warna.

Psikologi warna berkaitan dengan persepsi manusia mengenai warna yang ada dan bagaimana pengaruh warna terhadap manusia.

Dan yang kedua adalah mode warna. Mode warna adalah bahasan yang sangat penting yang tak boleh kalian lewatkan karena mode warna terkait dengan pengetahuan teknis.

4.Type atau Teks

Type atau Teks

Teks merupakan huruf atau kumpulan hurus yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan. Bukan hanya ide pesan yang disampaikan teks secara eksplisit yang perlu kalian pertimbangkan.

Namun juga tampilan teks secara virtual yang harus mendapatkan perhatian. Berbeda dengan penggunaan teks dalam kepentingan tata letak (layout) yang lebih menekankan fungsi teks sebagai media penyampai pesan.

Maka dalam desain vector ini teks diperlakukan tak ubahnya obyek desain lainnya.

Itulah 4 dasar desain grafis yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini ingin mempelajari tentang suatu desain.