Sudah Mau Punya Baby? Yuk Siapkan Kamar Dengan Desain Kamar Anak Yang Nyaman!

Desain Kamar Anak

Membuat desain kamar anak pasti memerlukan banyak pertimbangan. Memberikan anak kamar sendiri dipercaya dapat membuatnya lebih berani sejak dini.

Hal ini dikarenakan mereka telah terbiasa untuk tidur sendirian di kamarnya. Namun, kita sebagai orang tua pastinya harus tetap memperhatikan mereka.

Untuk membuat anak bisa tidur nyaman di kamarnya, kalian perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti menata kamar yang kreatif serta memberikan dekorasi yang nyaman agar mereka bisa kreatif dan mandiri juga.

Jika bisa menciptakan kamar yang nyaman, mereka bisa betah berlama-lama di kamar dan menghabiskan waktu bermain, berlajar, hingga tidur di kamar sendiri.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk menyiapkan desain kamar tidur anak yang nyaman dan mungkin bisa kalian terapkan nantinya.

3 Tips Membuat Desain Kamar Anak

Desain Kamar Anak

Memang ada beberapa tantangan tersendiri bagi orang tua saat ingin membuat dan menyiapkan kamar bagi anak tercintanya.

Apalagi, kamar tidur merupakan salah satu ruangan terpenting untuk perkembangan dan perubahan karakter mereka nantinya.

Karena itulah, orang tua harus memperhatikan banyak hal yang menentukan fungsi kamar secara maksimal.

1.Prioritaskan Keamanan Pada Desain Kamar Anak

Desain Kamar Anak

Walaupun anak mulai memasuki usia sekolah pada umumnya saat mulai belajar tidur di kamarnya sendiri, orang tua tetap harus melihat keamanan dan keselamatan mereka di dalam kamar.

Atur hal-hal yang berpotensi berbahaya seperti arus listrik, kabel elektronik, sudut yang tajam, atau ketinggian tertentu dan atasi dengan seksama. Apalagi jika kalian sedang mendesain kamar tidur anak cowok yang notabene nya lebih aktif bergerak.

Gunakanlah dekorasi yang tak terlalu berlebihan dan gunakan konsep sederhana yang mudah diraih dan digunakan serta selalu aman.

Pertimbangkan juga furniture yang digunakan. Gunakan tempat tidur dengan ketinggian yang rendah serta lemari pakaian dalam bentuk laci kecil.

2.Gunakan Furnitur Berkualitas

Desain Kamar Anak

Gunakan furniture yang basic dengan konsep yang klasik namun dengan kualitas tinggi. Maksud klasik di sini adalah desain yang minimalis dan mudah dipadupadankan.

Dari segi kualitas, carilah furniture yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena, perbotan berkualitas rendah bisa menyebabkan potensi kecelakaan yang lebih tinggi, seperti lemari yang tak seimbang saat digunakan.

Selain itu, furniture dengan ukuran yang besar juga bisa digunakan untuk menghemar serta untuk penggunaan jangka panjang yang lebih efektif.

Misalnya, lemari minimalis yang berukuran untuk orang dewasa dibanding lemari warna-warni dengan ukuran yang kecil.

Namun, pertimbangkan juga fungsionalitas dan kemampuan pakai si anak. Seperti cara melihat dari jarak pandang mereka. Misalnya jika gagang lemari terlalu tinggi, maka kalian bisa menggunakan konsep lemari yang bisa digeser.

Sama halnya dengan perabotan lain seperti kursi anak atau meja anak. Gunakan yang bisa digunakan secara leluasa namun fleksibel.

3.Interior Yang Memadai

Interior Yang Memadai

Kamar tidur anak pastinya harus memiliki ventilasi udara yang baik seperti jendela atau lubang angina. Usahakan mereka mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar kesehatannya terjaga dengan baik.

Pilih cat dinding kamar, wallpaper dan bahan utama kamar yang sesuai untuk desain kamar anak perempuan maupun laki-laki.

Gunakan juga bahan yang aman, mudah dibersihkan, dan tidak beracun. Hindari juga bohlam lampu yang terlalu terang karena tidak akan nyaman di mata. Posisikan penerangan yang memadai dengan akses yang mudah dijangkau.

Itulah 3 tips untuk mendesain kamar tidur anak kalian. Semoga bermanfaat.